Jasa Arsitek Desain Rumah

Jasa Arsitek Desain Rumah

Cara Efektif Menggunakan Jasa Arsitek

Masyarakat sekarang mulai memiliki apresiasi untuk memperoleh rumah tinggal yang nyaman. Oleh karenanya banyak diantaranya yang menyewa  atau memanfaatkan jasa arsitek desain rumah untuk mewujudkan rumah tinggal tersebut. Namun terkadang ada diantara jasa arsitek yang dalam kenyaataanya tidak efektif dalam memberikan pelayanan.

Berikut ini 7 langkah  bagaimana yang dapat diterapkan sehingga dalammenggunakan jasa arsitek  agar dapat lebih efektif :

  1. Pilih arsitek berkualitas baik

Anda boleh mendengarkan rekomendasi teman atau kerabat. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam memutuskan. Sebaiknya selain mendegar rekomendasi teman, Anda juga perlu menanyakan langsung kepada arsitek hasil rekomendasi tentang proyek yang telah mereka selesaikan.

Jika kurang yakin, lihat dan amati langsung bangunan hasil kerjanya. Jasa Arsitek Desain Rumah yang baik biasanya selalu memiliki ide-ide barupa dan setiap desain mereka. Mereka juga menjaga kualitas hasil kerja. Setelah gambar selesai, mereka menawarkan jasa kalkulasi biaya pembangunan dan pengawasan. Tujuannya agar klien tahu berapa modal yang mesti disediakan untuk membangun rumahnya. Pengawasan diberikan agar rumah dibangun sesuai dengan gambar.

  1. Sampaikan keinginan Anda dengan jelas

Jika telah menemukan Jasa Arsitek Desain Rumah, sampaikanlah konsep yang Anda inginkan. Pada pertemuan pertama sampaikanlah sejumlah data. Seperti, lokasi, ukuran tanah tuntutan kebutuhan ruang, arah hadap, kontur dan lingkungan sekitar. Data tersebut akan memudahkan arsitek dalam mewujudkan konsep desain dalam bentuk gambar. Perlu Anda ketahui bahwa pada tahap ini biasanya konsultan aritek tidak menagih biaya konsultasi. Biaya konsultasi akan dikenakan jika telah terjalin kerjasama.

  1. Pelajari prosedur dan tawaran konsultan

Proses konsultasi bias berbeda-beda. Umumnya konsultan memberikan jasa konsultasi menyeluruh atau perbagian. Pertemuan awal dan peninjauan lokasi, lantas arsitek membuatkan desain kasar sebagai usulan alternatif. Selanjutnya dibuatlah desain dan mematangkannya, termasuk pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Konsultan menawarkan alternatif, seperti konsultasi menyeluruh atau bagian per bagian. Konsultasi menyeluruh memberikan keuntungan dan kemudahan. Dengan bantuan komputer, secara gambling akan digambarkan sosok rumah Anda kelak. Semua gambar pun diberikan dalam bentuk cetak. Sedangkan jika hanya konsultasi per bagian, gambaran menyeluruh tak akan diperoleh. Kedua tawaran jasa konsultasi tersebut tentu saja berpengaruh pada biaya yang harus Anda keluarkan. Semakin banyak poin yang Anda konsultasikan, maka semakin mahal pula biayanya.

  1. Maksimalkanmasakonsultasi

Tahap konsultasi secara resmi berlangsung setelah kontrak kerja terjalin. Berapa kali dan berapa lama sangat bervariasi. Ada konsultan yang menetapkans ecara berkala, ada pula yang fleksibel. Namun penting bagi Anda untuk maksimalkan masa konsultasi untuk membahas masalah desain, kebutuhan ruang, penggunaan material, dan rencana anggaran bangunan.

  1. Mintalah arsitek mengawasi pembangunan

Anda sebaiknya meminta jasa pengawasan pembangunan kepada arsitek. Pengawasan ini untuk menjaga agar terjadi kesesuaian desain, pengerjaan tahap konstruksi, serta penggunaan dan penyelesaian material bangunan dengan realisasinya di lapangan.

Pengawasan ini disepakati pada awal kontrak kerja atau sewaktu pembangunan akan berlangsung. Proses pengawasan yang tertuang dalam kontrak umumnya berupa pengawasan berkala, misalnya dua minggu sekali. Namun berapa lama masa pengawasan relatif antara enam-delapan bulan atau hingga rumah selesai.

Konsultan umumnya meminta biaya untuk jasa ini. Besar kecilnya tergantung kesepakatan awal. Bisa saja biaya ini dibebankan kedalam biaya jasa arsitek secara keseluruhan.

  1. Bayar sesuai ketentuan

Pertimbangkan harga dan paket yang ditawarkan, jika ada. Fee untuk jasa arsitek biasanya dibayarkan berdasarkan angka presentase. Mengacu pada buku“ Pedoman Hubungan Kerja Antara Arsitek dengan Pemberi Tugas” tahun 1991, Fee arsitek untuk rumah tinggal antara 5-8% tergantung besar kecilnya rumah dan biaya keseluruhan. Fee juga bias ditentukan berdasarkan luas bangunan. Besarnya fee ini variatif dan proses pembayarannya pun juga bermacam-macam. Umumnya setelah kesepakatan, klien membayar uang muka atau 50%. Selanjutnya pembayaran dilakukan per termin.

  1. Konsultasi ulang jika ingin renovasi

Jika ingin merenovasi rumah sebaiknya berkonsultasi kembali dengan konsultan arsitek Anda. Rumah yang Anda ingin kembangkan pun bisa sesuai dengan konsep desain awal dan sesuai skala prioritas kebutuhan ruang. Selain itu , alokasi biaya pembangunan bisa Anda atur sesuai dana yang Anda miliki.

 

Sebagai Rekomendasi Arsitek yang memenuhi kriterian tersebut, Anda bisa mengunjungi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *